Minggu, 03 Juni 2018

Pesona Mandalika Bakal Jadi Daya Tarik Baru Wisman Belanda


Amsterdam (IndonesiaMandiri) - Kementerian Pariwisata gelar kegiatan Misi Penjualan (sales mission) Destinasi Wisata Prioritas Mandalika di Belanda pada 30 Mei–5 Juni 2018, di dua kota besar Belanda yaitu Amsterdam dan Eindhoven. _Sales mission_ tidak hanya sebagai upaya mengejar target 225.000 wisatawan mancanegara/wisman dari Belanda, namun sekaligus meregenerasi pasar tradisional. Hal menarik kali ini diangkatnya destinasi Mandalika dan sekitarnya sebagai _feature_ . 

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya mengatakan dipilihnya Mandalika dalam misi penjualan di Belanda merupakan bagian program pemerintah yang akan fokus terhadap empat dari 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP) yang akan dikembangkan sebagai ‘Bali Baru’. 

“Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar fokus pada 4 DPP, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo. DPP Mandalika tidak hanya menyajikan keindahan alam seperti pantai dan biota laut yang masih alami dan lestari, tetapi juga dikembangkan menjadi pusat bisnis, MICE, _luxury resort_, marina, _golf course_, dan bahkan sedang dibangun sirkuit berkelas internasional yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MOTOGP 2019,” kata Nia Niscaya. 

Acara di Belanda dirangkai dalam tiga kegiatan dimulai dengan _product knowledge_ dalam _Election of Best Travel Agents in Amsterdam_ bekerjasama dengan media pariwisata terbesar di Belanda Travel Media dan maskapai penerbangan KLM. Kemudian kegiatan kompetisi pemilihan _travel agent_ terbaik, diselenggarakan oleh Travel Media, waktu pelaksanaan selama delapan bulan untuk memilih travel agent terbaik dari masing-masing provinsi, dengan berbagai tahapan seleksi, di antaranya kuis, _case study_, serta kreativitas pembuatan dan pemasaran paket wisata Indonesia di Belanda. 

Pemenang kategori travel agent terbaik telah diumumkan pada 14 Mei 2018, dan mendapatkan hadiah mengikuti kegiatan fam trip (familiarization trip) ke Indonesia, antara lain mengunjungi Jakarta, Bali, dan NTT yang akan dilaksanakan pada September 2018 mendatang. 

Acara berikutnya Kemenpar bekerjasama dengan KBRI Den Haag, Garuda Indonesia, dan Ron Gastrobar Indonesia mengikuti festival kuliner terbesar di Belanda ‘Taste of Amsterdam’, berlangsung di Amstelpark, Amsterdam, pada 1-3 Juni 2018. Paviliun Indonesia menyuguhkan kuliner terbaik, yaitu hidangan otentik maupun fusion yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Belanda. Pada kesempatan tersebut ditampilkan Chef Agus Hermawan sebagai duta ikon kuliner Indonesia di Belanda. 

Rangkaian misi penjualan ditutup dengan _table top meeting_, akan dilaksanakan di Amsterdam pada 4 Juni 2018, dilanjutkan di Eindhoven pada 5 Juni 2018. Kegiatan _table top meeting_ diikuti 7 industrti pariwisata Indonesia sebagai _seller_ terdiri dari 5 tour operator. Acara _table top meeting_ akan dihadiri 80 _buyers_ potensial dari Amsterdam dan Eindhoven. 

Data jumlah kunjungan wisman Belanda ke Indonesia di 2017 sebanyak 205.844 atau meningkat 2,82% dibanding 2016 sebanyak 195.463 wisman. Sejak Januari hingga Maret 2018 tercatat 37.395 wisman atau mencapai 16,62% dari target wisman Belanda yang tahun ini ditetapkan sebanyak 225.000 wisman (fm). 

Foto: Dok.Kemenpar