Selasa, 05 Juni 2018

Satgas Pamtas Yonif 621/Mtg Tangkap Kurir Sabu senilai 2,5 Miliar


Nunukan/Kaltara (IndonesiaMandiri) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 621/Manuntung bersama Satreskoba Polres Nunukan dan Polsek KSKP Pelabuhan Tunontaka, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, berhasil mengamankan seorang kurir narkoba yang membawa satu kilogram sabu-sabu dari Malaysia (3/6). 

Penangkapan terhadap kurir narkoba bernama Arif Wicaksono (29 tahun), bermula pada Sabtu malam (2/6) dimana anggota Makotis Satgas Pamtas Yonif 621/Manuntung Praka Layama mendapat informasi dari masyarakat akan ada kurier narkoba membawa narkoba jenis sabu-sabu dengan berat antara 500 gram hingga satu kikogram senilai 2,5 miliar di kapal KM. Lambelu tujuan Nunukan – Balikpapan saat sandar di Pelabuhan Tunontaka. 
Selanjutnya Praka Layama melaporkan hal tersebut kepada Pasiops Satgas Kapten Inf Angga Singgih L yang kemudian diteruskan kepada Dansatgas Pamtas Yonif 621/Manuntung Letkol Inf Rio Neswan. 

Dansatgas Pamtas memerintahkan Perwira Topografi Kapten Ctp Ari Wahana yang sedang patroli monitoring wilayah, menindak lanjuti informasi dengan berkoordinasi ke Kasat Reskoba Polres Nunukan AKP M. Hasan S, S.I.K, M.H. untuk melakukan kegiatan operasi gabungan selektif terhadap calon penumpang K.M Lambelu. 

Lalu Tim gabungan dari Satgas Pamtas Yonif 621/Manuntung, Sat Reskoba Polres Nunukan dan Polsek KSKP Nunukan di wilayah Pelabuhan Tunontaka lakukan pengamatan dan pengawasan terhadap calon penumpang KM. Lambelu dan berhasil mengamankan seorang calon penumpang laki-laki yang mencurigakan karena diduga membawa barang terlarang di dek kapal lantai 1, ditemukan narkoba jenis sabu-sabu disimpan di dalam Tupperware. 

Menurut pengakuan tersangka, dirinya baru satu kali membawa narkotika jenis Sabu-sabu dari Tawau Malaysia tujuan Balikppapan dengan upah Rp. 25juta. 
Dari penggeledahan didapatkan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu seberat satu kilo, sebuah hp nokia merah dan paspor a.n. Arif Wicaksosno, pekerjaan wiraswasta, domisili Balikpapan. 

Selanjutnya Dansatgas Pamtas berkoordinasi melalui telepon dengan Kapolres Nunukan AKBP Jepri Yuniardi di Nunukan, bahwa Kapolres menyampaikan akan dilaksanakan pengembangan (Control Delivery) terhadap jaringan narkoba yang berada di Balikpapan (bp). 

Foto: Dispenad