Selasa, 03 Juli 2018

Hari Belanja Diskon Indonesia Meriahkan Asian Games 2018

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Kementerian Pariwisata bersama dengan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia/Hippindo akan menyelenggarakan acara Hari Belanja Diskon/HBD Indonesia untuk mendukung Asian Games 2018 dan Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018. Acara belanja berskala nasional ini diadakan di pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia selama 08 Agustus hingga 02 September 2018.

Menpar Arief menyambut baik program ini untuk memuaskan wisman dan wisnus yang akan berbelanja saat pelaksanaan Asian Games berlangsung. “Pada HBD, akan diberikan diskon besar-besaran dan memuaskan masyarakat yang akan belanja. Karena sekaligus untuk menyukseskan Asian Games 2018 dan ViWI 2018. Kita tetapkan Kota Palembang menjadi host HBD Indonesia,” jelas Menpar Arief saat bertemu dengan Ketua Umum Hippindo, Budiharjo Iduansjah, di kantor Kemenpar (02/07).

HBD Indonesia ini akan dibuat besar-besaran seperti pada 2017 lalu di Jakarta. Lokasi even meliputi mall/plaza, toko ritel di ruko dan di ruang usaha yang berdiri sendiri, serta lokasi ritel di _rest area_, bandara, dan stasiun kereta.

Pada HBD ini ada pula penawaran khusus dengan tema angka ’73’, sesuai peringatan RI ke-73 pada tahun 2018 ini, di antaranya diskon hingga 73%, Harga Khusus ( _Special Price_) Rp 73.000, dan diskon bagi yang berulang tahun ke−73. Dalam kegiatan ini juga akan dilakukan _re-launching Tax Refund_, sehingga lebih menarik wisman untuk belanja di Indonesia.

Sesuai namanya, HBD Indonesia akan diselenggarakan di seluruh Indonesia, bukan hanya Jakarta dan Palembang tempat penyelenggaraan Asian Games 2018. “Rekan kita dari daerah bisa lakukan dan merasakan potongan sama untuk beli barang yang sama. Biar ada rasa keadilan," lanjut Menpar Arief.

Sementara, Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah mengatakan, HBD Indonesia ditargetkan menjadi festival belanja, kuliner, musik, hiburan ritel, terbesar Indonesia. Event ini akan diikuti lebih 200 perusahaan yang mengelola 500 merk lokal dan internasional di 50.000 outlet. Selain para ritel ternama, HBD Indonesia juga melibatkan partisipasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai bentuk dukungan terhadap UKM.

“Event ini secara kebetulan bertepatan dengan liburan musim panas di luar negeri. Sehingga diharapkan akan ada banyak wisatawan mancanegara yang ikut menikmati Hari Belanja Diskon Indonesia ini”, kata Budiharjo. Budiharjo menjelaskan HBD Indonesia menjadi hadiah bagi ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 (fm).

Foto: Dok.Kemenpar