Sabtu, 07 Juli 2018

Menteri Pariwisata Luncurkan Pesona Asian Games 2018

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meluncurkan Voting Atlet Favorit dan Lomba Video PesonaAsianGames2018 di lobi utama Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (06/07).

Peluncuran ini diramaikan Raditya Dika, selebriti dengan 9,7 juta _follower_ di instagram yang juga menjadi juri utama dalam lomba video Pesona Asian Games 2018 dan Anindya Kusuma Putri, Juru Bicara Kemenpora yang juga mantan Putri Indonesia 2015. Kegiatan ini disemerakkan juga dengan olahraga bersama di halaman Kantor Kemenpar.

Dalam peluncuran ini, Menpar Arief mengatakan 150 ribu penonton asing Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang akan banyak memanfaatkan paket _bundling_ wisata dengan potongan harga yang sangat menarik.

“Dari 150 ribu penonton asing, kita proyeksikan yang membeli paket bundling wisata sekitar 20% atau 30 ribu wisman, sebagian di antaranya saat _go show_,” kata Menpar Arief.

Penonton asing yang membeli paket wisata _bundling_ akan melonjak saat menjelang final sepakbola, “Manakala yang masuk final sepakbola dari negara yang memiliki suporter fanatik mereka akan berbondong-bondong ke Jakarta dan akan memanfaatkan paket _bundling_ yang di dalamnya sudah termasuk tiket masuk stadion dan akomodasi,” kata Menpar Arief.

Seperti diketahui, Kemenpar bersama pelaku industri pariwisata telah menyiapkan 75 paket wisata tersebar di tujuh destinasi wisata unggulan di Jakarta-Palembang dan sekitarnya (Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali) untuk menarik sekitar 150 ribu hingga 200 ribu penonton Asian Games 2018.

Adapun penyelenggaraan _voting_ dan lomba video ini sebagai upaya mengajak masyarakat luas mensukseskan Asian Games 2018 serta memberikan dukungan kepada atlet Indonesia agar sukses berlaga di ajang pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Dalam Voting Atlet Favorit dan Lomba Video Pesona Asia Games 2018 para pemenang akan diberikan hadiah menarik berupa paket wisata liburan ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan uang saku yang mencapai total ratusan juta rupiah.

Akan ada 100 nama atlet untuk di-vote di Facebook (tautan:https://www.genpi.co/vote/asiangames) hingga menghasilkan 20 nominator terdiri 10 nama atlet pria dan 10 nama atlet wanita. Kemudian 20 nominator atlet tersebut akan di-vote untuk menetapkan 4 atlet terfavorit (2 atlet pria dan 2 atlet wanita) sebagai pemenang. Keempat atlet Asian Games 2018 terfavorit ini akan mendapatkan hadiah berupa paket wisata liburan ke Labuan Bajo dan uang tunai Rp 10 juta untuk masing-masing pemenang. Hadiah uang tunai Rp 500 ribu juga diberikan kepada 50 orang _voters_ melalui undian.

Sementara itu untuk Lomba Video Pesona Asia Games 2018 dengan periode lomba 16 Juli - 2 September 2018. Untuk penjurian akan dimulai tanggal 3 - 9 September 2018 dan pemenangnya diumumkan pada 10 September 2018. Juri utama akan memilih 3 pemenang dari 10 video terbaik dengan hadiah berupa paket wisata liburan ke Labuan Bajo dan uang masing-masing juara I Rp 50 juta, juara II Rp 30 juta, juara III Rp 20 juta, dan juara favorit Rp 10 juta (aa).

Foto: Dok.Kemenpar