Kamis, 28 Juni 2018

KLHK Laporkan Perkembangan Kehutanan Indonesia dalam Buku SOFO

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/KLHK bersama Food and Agricultural Organization revisi terhadap penulisan buku the State of Indonesia's Forest (SOFO) dalam workshop yang dilaksanakan di Jakarta (25/6). Revisi tahap akhir ini akan mengkoreksi data dan foto pendukung materi tulisan di buku tersebut. Buku ini akan dipresentasikan pada Konferensi Internasional Komite Kehutanan FAO, di Roma, Juli 2018.

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan bahwa publikasi ini penting bagi Indonesia. Tidak hanya memuat data terakhir dalam administrasi pemerintahan, namun juga memuat kebijakan yang sifatnya corrective action.

Menteri Siti melanjutkan, salah satu bab yang dimuat dalam buku menjelaskan pemerintah mengajak swasta untuk berpatisipasi dan bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat.
“Kita men-develope harmoni antara swasta dengan masyarakat atau small holders", terang Menteri Siti.

Dr. Efransjah, koordinator tim penulisan menyatakan bahwa buku ini akan dibawa ke dunia Internasional yang artinya membawa martabat bangsa Indonesia.  "Oleh karena itu, buku ini harus menunjukkan bahwa kita benar-benar bekerja", jelas Efransjah.

Lebih lanjut, Efransjah mengatakan buku ini memuat data-data mutakhir, yang menggambarkan pencapaian Indonesia.
Buku Indonesia's SOFO ini bukanlah buku statistik kehutanan seperti biasanya, tetapi fokus pada perkembangan 3 tahun terakhir (rm).

Foto: Dok.KLHK